Blogger Cursor by Tutorial Blogspot

RSS

Asam Urat dan Hiperuresemia



ARTI PEMERIKSAAN DAN HUBUNGAN
FISIOLOGIS
Asam urat adalah senyawa nitrogen yang dihasilkan dari proses katabolisme purin baik dari diet maupun dari asam nukleat endogen (asam deoksiribonukleat DNA ). Asam urat sebagian besar dieksresi melalui ginjal dan hanya sebagian kecil melalui saluran cerna. Ketika kadar asam urat meningkat, disebut hiperuresemia, penderita akan mengalami pirai (gout). Penyebab hiperuresemia karena produksi yang berlebihan atau ekresi yang menurun (seperti pada gagal ginjal). Produksi yang berlebihan didapatkan pada penderita dengan keganasan, terjadi turnover purin dan DNA sangat tinggi. Penyebab lain hiperuresemia adalah alkohol, leukemia, karsinoma metastatik, multiple myeloma, hiperlipoproteinemia, diabetes mellitus, gagal ginjal, stress, keracunan timbal, dan dehidrasi akibat pemakaian diuretik.5

HIPERURESEMIA
Kadar asam urat serum yang tinggi disebut hiperuresemia. Manifestasi pada sendi disebut artritis pirai. Pirai merupakan suatu penyakit metabolik yang pada keadaan lengkap, disertai gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kadar asam urat serum yang meningkat
2. Serangan-serangan yang berkali-kali dari arthritis akut yang khas, disertai dengan adanya kristal urat (monosodium) di dalam lekosit dari cairan sinovia.
3. Tophi (endapan asam urat), terutama di dalam dan disekitar sendi dari ekstremitas.
4. Kelainan ginjal mengenai jaringan interstitial dan di sekitar sendi dari ekstremitas.
5. Nefrolithiasis terdiri dari asam urat Gejala-gejala tersebut dapat dijumpai tersendiri atau bersama.

untuk mendapatkan naskah aslinya..
download disini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar